Kamis, 13 April 2017

Memantapkan Ilmu Alat: Literasi

Sebelum mengenalkan anak-anak kepada berbagai cabang ilmu, ada baiknya orang tua mempelajari ilmu alat bersama anak-anak terlebih dahulu. Kalau dalam ilmu syar'i, salah satu ilmu alat misalnya bahasa Arab. Kalau dalam ilmu dunia, ilmu alatnya antara lain literasi dan berhitung.
Literasi meliputi kemampuan dalam membaca, menangkap isi pesan, menganalisa teks, dan menyusun sebuah tulisan dengan kaidah yang benar. Termasuk pula di dalamnya kemampuan menyampaikan sebuah gagasan/pemikiran dengan baik melalui lisan maupun tulisan.


 
Kemampuan literasi bisa dimulai dari membacakan buku. Sampai akhirnya anak-anak terbiasa dan mulai membacanya sendiri. Kemampuannya pun meningkat sehingga ia bisa menangkap inti pesan sebuah tulisan dan mampu menyampaikannya kembali dengan baik. Pada akhirnya, ia akan mampu membuat tulisannya sendiri.

Mengapa kemampuan literasi penting? Karena bahasa merupakan salah satu unsur penting dalam belajar. Beberapa waktu belakangan ini saya melihat anak-anak kesulitan memahami sebuah pelajaran bukan karena ia tidak bisa, tetapi mereka belum terbiasa membaca dan memahami sebuah tulisan dengan benar. Beberapa anak yang mengikuti kelas saya juga seringkali.mengeluh mereka tidak memahami maksud dari pertanyaan yang ada di buku.

Kemampuan literasi ternyata juga dibutuhkan oleh kita orang-orang dewasa. Beberapa kali saya melihat muncul perdebatan akibat salah memahami malsud sebuah tulisan/rekaman video.
Dalam homeschooling kami, membaca dan membacakan buku adalah menu pertama sejak awal kami memulai hs. Sampai usia 8tahun anak-anak kami tak belajar mata pelajaran seperti di sekolah, hanya membaca, membacakan, bercerita, menulis, selain materi diniyyah. Jadi jika ada orang tua bingung bagaimana memulai hs, mulailah dengan rutinitas membacakan buku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar