Senin, 03 Agustus 2015

Homeschooling Keluarga Muslim

Dalam menjalankan homeschooling, pelajaran agama sangat penting untuk dipelajari dan diamalkan bersama semua anggota keluarga. Sebagian besar dari kita merasa tidak memiliki ilmu yang cukup dalam bidang agama, karena bukan guru, ustad, dan sebagainya.



Bagaimana solusinya? jawaban yang tepat adalah dengan belajar. Ya, Anda sebagai orang tua pun harus terus belajar, apalagi berkaitan dengan ilmu agama, yang menjadi kewajiban setiap muslim. Ingatlah, mendidik bukan hanya memberi tau, tetapi juga memberi teladan. Ilmu agama merupakan tolak ukur idealnya sebuah kehidupan, dan ilmu agama tidak bisa dijauhkan dari praktiknya dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa tema ilmu agama yang harus dipelajari bersama orangtua dengan anak adalah: tauhid dan akidah, Fiqih, Al Quran, Adab, Sejarah. Orang tua setidaknya mempelajari secara serius beberapa hal mendasar dalam ilmu agama. Walaupun demikian, yang terbaik tetaplah menyerahkan anak-anak kepada orang yang tepat, yaitu guru atau ustad.

Ilmu agama dan buku apa saja yang diperlukan? Silakan unduh panduannya di sini.

2 komentar:

  1. Assalamu'alaykum warrahmatullahi wabarakatuh,
    Terima kasih untuk artikelnya, barakallah teh :).
    Kalau boleh, apa teh Maya bisa mencantumkan juga dimana bisa membeli buku-buku tersebut? Karena sepertinya penerbitnya bukan penerbit besar yang biasanya masuk di toko-toko buku ya.
    Jazakillah khayran

    BalasHapus
    Balasan
    1. waƔlaikumussalaam warohmatulloohi wabarokaatuh
      Kalau mba punya facebook, bisa ke FB Buku Koe, itu toko online langganan saya.

      Hapus